Memetik Teladan dari Gandhi

Siapa tak kenal Mahatma Gandhi? Dialah Bapak Bangsa India. Figur yang sederhana namun memiliki kharisma dan nama besar dalam sejarah dunia. Tapi, apa hubungannya Gandhi dengan kita? Di sini kita tidak akan mengulas sejarah hidup Gandhi, tapi kita berusaha untuk mengambil hikmah dari kepemimpinan yang ditunjukkan oleh Gandhi.

Saat ini, dunia ditandai dengan perubahan yang terjadi begitu cepat, terutama dengan globalisasinya. Hal ini juga menuntut perubahan pola kepemimpinan. Terlebih jika dikaitkan dengan kondisi bansa ini, dan juga kota ini yang tengah bergumul dengan berbagai perubahan yang dinamis, yang dalam banyak hal juga membawa benturan-benturan yang tak dapat dielakkan.

Berkaca dari realita itu, tidak bisa tidak, kita membutuhkan figur pemimpin yang mengerti dan menerapkan the art of leadership secara tepat. Pada akhirnya, berbagai rintangan yang dihadapi tidak cukup hanya dikeluhkan dan diwacanakan, apalagi dikambinghitamkan, tetapi harus dipecahkan. Di sinilah kita belajar dari Gandhi.

Gandhi mencontohkan bahwa seorang pemimpin bukan hanya bekerja untuk dirinya, apalagi untuk ketenarannya semata. Seorang pemimpin harus mampu untuk bisa mengajak orang bertindak dan meyakinkan orang lain untuk mampu berbuat yang terbaik. Kepemimpinan ayng ditunjukkan Gandhi sungguh merupakan pelajaran berharga. Suryopratomo dalam salah satu tulisannya (27/02) menyebut setidaknya ada tiga hal yang bisa kita teladani dari Gandhi. 

Pertama, seorang pemimpin harus mampu memberikan contoh sebelum mengajak orang melakukan apa yang diinginkan. Kedua, pemimpin harus benar-benar memahami persoalan dengan mendengar dan melihat realita yang sesungguhnya terjadi. Ketiga, pemimpin harus mampu mengajak orang ikut aktif dan mendukung dari belakang, bukan hanya digunakan ajang unjuk kemampuan pribadi.

Gandhi memang orang yang luar biasa. Ia memiliki ambisi, tetapi tidak ambisius. Bahkan, ketika kemerdekaan India diraih dan kesempatan untuk mendapatkan tampuk kepemimpinan nasional ada di tangan, ia tidak mengambil kesempatan itu. Ia sungguh contoh seorang yang bekerja untuk bangsanya.

Alangkah indahnya jika kita, pada saat ini, dikarunai sosok pemimpin dengan kualitas Mahatma Gandhi. Alangkah bahagianya jika para pemimpin kita saat ini mau belajar dan memetik teladan dari Gandhi. Hingga lahirlah figur para pemimpin yang tidak semata bekerja aji mumpung demi kepentingan pribadi, tapi benar-benar mengabdi demi kemajuan. Surabaya, oh, Surabaya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: